Posted by : Ilham Setiawan Saturday 9 February 2013




MENGEMIS yang dibolehkan

Rasulullah saw bersabda: Qabishah bin Mukhariq al Hilal berkata: "aku pernah memikul tanggunguan berat (diluar kemampuan), lalu aku datang kepada Rasulullah untuk mengadukan hal itu. Kemudian beliau bersabda: "tunggulah sampai ada sedekah yang datang kepada kami lalu kami perintahkan agar sedekah itu diberikan kepadamu" . Setelah itu beliau bersabda: Hai Qabishah, sesungguhnya meminta-minta itu tidak bisa kecuali untuk salah satu dari tiga golongan, yaitu


(1) orang yang memikul beban tanggungan yang berat (diluar kemampuannya), maka dia bisa meminta-minta sehingga setelah cukup lalu berhenti , tidak meminta-minta lagi. 

(2) Orang yang tertimpa musibah yang menghabiskan hartanya, maka dia bisa meminta sampai dia mendapatkan sekedar kebutuhan hidupnya . 

(3) Orang yang tertimpa kemiskinan sehingga tiga orang yang sehat pikirannya dari kaumnya menganggapnya benar-benar miskin, maka dia bisa meminta sampai dia mendapatkan sekedar kebutuhan hidupnya.
Sedangkan selain dari tiga golongan tersebut hai Qabishah, maka meminta-minta itu haram yang hasilnya bila dimakan juga haram 

[Hadist Riwayat Muslim]

Leave a Reply

Shere Dan Tanya Tanya
Inget No Echhi
No Hentai
Jangan Bawa Bawa Agama. Suku Dan Ras
@Lokopou

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Ngobrol Bareng Otaku

- Copyright © 2013 Otaku Lokopou - ilham se - Powered by Blogger - Designed by ilham Seaka -