Posted by : ilham setiawan Monday, 17 December 2012


Hikmah Shalat Malam | Sholat Tahajud


Dalam Al-Qur'an pada surah Al-Muzzammil ayat 1-4, Allah berfirman bahwa Tahajud merupakan ibadah yang disyariatkan sebagai rahmat, tambahan kebaikan, dan keutamaan. Sebagai pengikut Rasulullah SAW, tentu kita patut mencotoh segala Pola Hidup Sehat yang diajarkan beliau, termasuk Shalat Malam ini.

Selain itu, beberapa dalil menyebutkan bahwa Shalat Tahajud menjadi jalan hidup dan amalan rutin bagi orangorang saleh (HR Tirmidzi); orang-orang besar (takwa) (QS AdzDzariyat [51]: 17-18); 'Ibadurrahman (QS Al-Furqan [25]: 64); dan menjadi salah satu ciri orang-orang yang memiliki kesem purnaan iman (QS As-Sajdah [32]: 16-17).

Berikut adalah beberapa Hikmah Shalat Malam atau Tahajud berserta manfaatnya yang bisa dirasakan bagi orang-orang yang melaksanakannya seperti yang dikutip dari republika:

1. Untuk Menjaga Kesehatan
Nabi Muhammad SAW bersabda: "Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari per buatan dosa, penghapus kesalah an, dan pencegah segala penyakit dari tubuh."

2. Terlihat Cantik dan Ganteng
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah: "Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan/cantik di siang hari."

3. Semangat dalam Bekerja
Nabi SAW bersabda: "Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata: `Malam masih panjang, maka tidurlah.' Jika orang tadi bangun lalu berzikir kepada Allah SWT, maka terlepas satu ikatan, jika dia berwudhu, maka terlepas satu ikatan yang lainnya, dan jika dia melaksanakan shalat, maka terlepas semua ikatannya.

Pada akhirnya, dia akan menjadi segar dengan jiwa yang bersih. Jika tidak, dia akan bangun dengan jiwa yang kotor yang diliputi rasa malas." (HR Bukhari).

4. Tercapainya Cita-cita dan Diberikan Rasa Aman
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Ahmad: "Ketahuilah sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang lakilaki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah SWT berfirman kepada para MalaikatNya, "Apa yang mendorong hambaKu melakukan ini?" Mereka menjawab, "Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu." Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan." (HR Ahmad).

5. Melembutkan Hati yang Keras
Dari Abu Hanifah, "Saya tidak lebih dari satu ayat yang saya baca ketika melakukan shalat malam." Satu ayat tersebut dibaca berulang-ulang semalam suntuk, "Sesungguhnya hari kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit." (QS Al-Qamar [54]: 46). Karena itu, bersegeralah untuk menunaikan shalat Tahajud dan raih manfaatnya (balasannya) (QS As-Sajdah [32]: 17).

Setelah Anda melaksanakannya, perbanyaklah membaca Doa Setelah Sholat Tahajjud. Bacalah beberapa do'a yang sesuai dengan tuntunan Nabi SAW, karena semua ibadah hanya akan diterima bila sesuai tuntunan Al-Qur'an dan Sunnah.

Leave a Reply

Shere Dan Tanya Tanya
Inget No Echhi
No Hentai
Jangan Bawa Bawa Agama. Suku Dan Ras
@Lokopou

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Ngobrol Bareng Otaku

- Copyright © 2013 Otaku Lokopou - ilham se - Powered by Blogger - Designed by ilham Seaka -